oleh

Siswa Baru SMA 1 Tanjungpinang Ikuti PLS Daring

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Tahun Ajaran Baru 2020-2021 sekolah tingkat SMA/SMK sederajat dimulai, Senin (13/7/2020). Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) dilakukan secara daring.

PLS sendiri dilakukan dengan menggunakan tatap muka jarak jauh dari rumah masing-masing, dengan menggunakan video cenference (Vicon). Seperti yang dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 1 Tanjungpinang, dimana PLS ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Salah satu siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Zafira Puan Adelin yang mengaku sedikit kurang nyaman dengan PLS dilakukan dengan sistem online tersebut.

“Ya biasanya PLS dilakukan secara langsung dengan tatap muka untuk saling memperkenalkan diri masing-masing. Tentu dengan sistem seperti ini, karena masih baru agak kurang nyaman saja,” kata Zafira di Tanjungpinang, Senin (13/7/2020).

Namun dirinya memaklumi dengan kondisi seperti ini, karena dimana saat ini masih mewabahnya Covid-19. Dan dengan cara seperti ini merupakan jalan terbaik bagi semuannya.

“Dalam vidio conference tadi ada saling kenal antara siswa, begitu juga dengan kepala sekolah dan guru-guru,” tuturnya.

Ditambahkan Zafira, dalam PLS ini oleh pihak sekolah dibagi dalam masing-masing kelompok. Dalam satu kelompok ada sekitar 50 hingga 60 siswa.

Pada kegiatan PLS ini lanjut Zafira lebih menekankan terkait perkenalan antara guru dan murid, murid dan murid.

Selain itu guru juga menyampaikan terkait materi mata pelajaran dan aturan di internal sekolah.

“Jadwal PLS sendiri dilakukan mulai Senin hingga Rabu mendatang, dan dimulai pukul 7,30 hingga 11.00 Wib,” tutur Zafira yang sering meraih juara lomba biola ini.

Selain itu lanjut Zafira, dalam video conference ini guru-guru banyak memberikan meteri terkait mata pelajaran dan muatan kurikulum sekolah.

“Lama-lama asik juga dengan sistem ini, kita saling kenal dan tentunya banyak tau. Namun, bila situasi normal lebih baik MOS, karena bisa langsung tatap muka,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali mengatakan, untuk anak-anak baru tingkat SMA dan SMK di Kepri, hari ini mulai aktif sekolah.

Namun karena dimasa pendemi Covid-19 ini, Disdik Kepri mengambil kebijakan untuk mengawali masuk sekolah bagi anak baru tingkat SMA/SMK dilakukan dengan sistem online dengan video conference.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak sekolah, untuk saat ini kegiatan PLS tingkat SMA/SMK dilakukan dengan sistim tatap muka jarak jauh dengan video conference. Hal ini demi keamanan dimasa pandemi Covid-19,” kata Dali singkat.

Penulis: Roni
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *