oleh

Pendapatan Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang Turun Miliaran Rupiah

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pelabuhan internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Provinsi Kepri, yang dikelola PT. Pelindo I Cabang Tanjungpinang mengalami penurunan pendapatan miliaran rupiah. Hal ini disebabkan tidak beroperasinya pelabuhan tersebut sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 hingga saat ini.

Asisten Manajer Pelayanan Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Raja Junjungan Nasution mengatakan, pelabuhan internasional SBP tidak beroperasi sejak akhir Maret 2020 karena Malaysia dan Singapura melockdown wilayah masing-masing.

“Sejak akhir Maret lalu sudah tidak ada lagi pendapatan dari pelabuhan internasional SBP ini,” ujarnya, Jumat (18/9/2020) saat dikonfirmasi.

Menurutnya, sebelum adanya wabah Covid-19 pendapatan dari pelabuhan internasional SBP Tanjungpinang mencapai Rp1,3 sampai 1,5 miliar per bulannya.

Pendapatan itu bersumber dari tarif pas masuk pelabuhan sebesar Rp60 ribu untuk Warga Negara Asing (WNA) dan Rp40 ribu untuk Warga Negara Indonesia (WNI) per orangnya.

“Sejak pandemi Covid-19 ini, jumlah pengguna jasa maupun fasilitas pelabuhan SBP pun menurun,” katanya.

Selain pelabuhan internasional, kata dia, pendapatan dari pelabuhan domestik SBP Tanjungpinang juga mengalami penurunan drastis.

Hingga saat ini, pelabuhan domestik SBP Tanjungpinang tetap beroperasi, namun, pendapatan dari pelabuhan domestik ini rata-rata hanya Rp500 juta dalam satu bulan.

“Sejak pandemi Covid-19, pendapatan dari pelabuhan domestik pun jauh berkurang. Salah pendapatannya bersumber dari tarif pas masuk pelabuhan,” ungkapnya.

Walaupun demikian, pikaknya tetap memberikan pelayanan secara maksimal kepada pengguna jasa pelabuhan.

“Kita berharap pandemi Covid-19 ini cepat berlalu agar pendapatan pelabuhan SBP Tanjungpinang kembali normal,” harapnya menutup.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *