oleh

Elektabilitas Pasangan INSANI Terus Naik, LSPP Rilis Hasil Survei Terbaru

Batam, KepriDays.co.id –Rivalitas tiga pasangan kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dalam kontestasi Pilkada Kepuluan Riau semakin terasa seiring kian dekatnya waktu pemilihan. Untuk mengukur tingkat keterpilihan kandidat tersebut, lembaga mulai melakukan survei.

Diantaranya survei yang dilakukan Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) yang baru dirilis. Hasil survei yang dilakukan lembaga itu, duet Isdianto dan Suryani (Insani) menjadi kandidat terkuat terkait modal elektoralnya jika dibandingkan pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina (Aman) dan Soerya Respationo-Iman Sutiawan (Sinergi).

Mengutip hasil survei LSPP tersebut, elektabilitas pasangan INSANI mencapai 38,63 persen. Pasangan nomor urut dua ini unggul 14,52 persen dari pasangan Ansar-Marlin yang hanya mendapatkan 24,11 persen dukungan publik.

Sementara dengan Soerya-Iman, INSANI jauh lebih unggul, berjarak 25,44 persen. Itu karena elektabilitas pasangan Soerya-Iman 13,19 persen.

“Survei dilaksanakan sedari 2 hingga 8 Oktober 2020, menempatkan 800 responden dengan metode _multistage random sampling_, sementara _margin of error_ sebesar 3,46 persen,” jelas Direktur Riset LSPP Sendy Vicky Sutikno saat ditemui di kawasan Batam, Sabtu (10/10).

Menurut Sendy, elektabilitas pasangan INSANI mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan dengan survei sebelumnya. Pada medio Juli 2020 lalu, survei yang dilakukan LSPP mencatat tingkat elektoral pasangan Isdianto-Suryani mencapai 23,87 persen. Artinya, ada peningkatan 14,76 persen.

Sendy menilai, peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan setidaknya dalam kurun kurang dari tiga bulan menjadi modal kuat bagi pasangan INSANI untuk memenangkan kontestasi Pilkada Kepri, 9 Desember mendatang.

Di sisi lain, Sendy menyatakan, dukungan publik untuk pasangan Isdianto-Suryani masih berpotensi meningkat sebelum pemilihan berlangsung. Musababnya, jika mengacu hasil survei Oktober ini, masih ada 24,07 persen responden yang memutuskan untuk tidak menjawab dan belum menentukan pilihan.

“Masih ada potensi peningkatan dukungan untuk pasangan INSANI. Kini tinggal bagaimana tim pemenangan terus menggencarkan sosialisasi mengenai visi-misi, program kerja, juga ide dan gagasan kandidat agar bisa diterima masyarakat,” jelas Sendy. (*)

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *