oleh

Ini Visi Misi Lengkap Paslon INSANI Dipaparkan di DPRD Kepri

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri Isdianto-Suryani (INSANI) menyampaikan Visi dan Misi di hadapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Senin (12/10/2020) di Ruang Rapat Utama DPRD Kepri, Dompak.

Dalam penyampaian visi misi tersebut, Isdianto mengatakan, bersama pasangan INSANI pihaknya mengusung visi “Terwujudnya Provinsi Kepulaua Riau Sebagai Bunda Tanah Melayu Yang Maju, Gemilang, Relijius dan Unggul di Bidang Maritim”.

“Visi sebagai Bunda Tanah Melayu Yang Maju, kiranya dapat memotivasi dan menyatukan seluruh gerak langkah kita untuk bersama-sama mengembangkan nilai-nilai luhur yang melekat pada budaya, adat istiadat, tradisi dan kesenian tanah Melayu agar kemudian semakin berkembang dan menjadi kebanggaan masyarakat melayu yang maju dan modern,” ujar Isdianto.

Visi Gemilang, Relijius dan Unggul di Bidang Maritim, kiranya dapat memotivasi dan menyatukan seluruh gerak langkah kita untuk bersama-sama mengelola seluruh sumber daya pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kebahagian bagi setiap keluarga dan keadilan sosial bagi setiap individu yang taqwa dengan mengolah sumber daya perekonomian daerah kepulauan secara transparan, produktif, efektif, efisien dan akuntabel.

“Untuk mewujudkan visi tersebut, kami akan menyelenggarakan enam misi dan pada setiap misi ada 10 program unggulan yang beberapa program prioritasnya akan kami sampaikan jika terpilih memimpin Kepri nantinya,” ucapnya.

Misi pertama, teruskan pembangunan sektor pendidikan dan kebudayaan yang maju dengan meningkatkan kualitas baik sarana prasarana maupun SDM serta menjamin pemerataan akses pendidikan agar terbentuk peserta didik yang unggul, berprestasi dan berakhlak mulia.

Diselenggarakan dengan upaya, pertama Menjamin ketersediaan pendikan gratis sampai tingkat SLTA di sekolah negeri dan memberi subsidi pendidikan untuk sekolah swasta serta memberikan beasiswa untuk anak Kepri berprestasi.

Kedua, Mendorong penguatan pendidikan karakter untuk membangun SDM unggul dan berahlak mulia. Ketiga, Pelestarian budaya melayu untuk menegaskan Kepri sebagai bunda tanah melayu. Keempat, Memajukan sektor pendidikan informal dengan mendirikan sejumlah Balai Latihan Kerja (BKL) dalam rangka menjamin kualitas tenaga kerja lokal.

Lalu untuk Misi yang Kedua, teruskan pembangunan sektor kesehatan yang maju dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas
layanan termasuk optimalisasi tenaga kesehatan yang unggu dan profesional serta mendorong pelaksanaan hidup bersih dan sehat.

Diselenggarakan dengan upaya, pertama Menjamin akses terhadap layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kepri. Kedua, Menjamin ketersediaan sarana dan prasarana penanganan dan pengendalian penyakit menular termasuk Covid-19. Ketiga, Menyiapkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan merata disemua daerah.

Selanjutnya Misi yang ketiga, Teruskan Pembangunan sektor perekonomian yang maju dan unggul dengan struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing.

Diselenggarakan dengan upaya, pertama, Mewujudkan perluasan kawasan FTZ sebagai basis percepatan pertumbuhan ekonomi di semua kabupaten/kota. Kedua, Menguatkan ekonomi kerakyatan yang didukung sektor industri dan UMKM yang tangguh. Ketiga, Memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Keempat, Memberikan hak-hak pekerja dan mengembangkan SDM termasuk tenaga kerja lokal yang terampil dan siap pakai.

Kemudian, Misi yang keempat, teruskan pembangunan Smsektor maritim yang unggul dengan fokus pada peningkatan konektivitas wilayah agar terjadi pemerataan.

Diselenggarakan dengan upaya, pertama, Meneruskan pengembangan ekonomi berbasis Maritim, Pariwisata dan Pertanian untuk mendukung Percepatan pertumbuhan ekonomi diluar kawasan FTZ dan mengurangi kesenjangan antar wilayah. Kedua, Mewujudkan pendidikan berbasis maritim sebagai salah satu jaminan sumber daya manusia yang unggul dan handal. Ketiga, Pengembangan program unggulan kawasan Pedesaan (cluster ekonomi) untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan petani.

Lalu, Misi yang kelima, teruskan pembangunan sektor agama dan sosial kemasyarakatan sehingga terbangun kehidupan yang rukun, aman, damai, sejahtera.

Diselenggarakan dengan upaya, pertama, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, dan bertaqwa, berdaya saing, bermartabat, serta membangun ketahanan keluarga yang kokoh. Kedua, Menjamin perlindungan sosial bagi korban bencana dan komunitas adat terpencil serta kelompok rentan. Ketiga, Pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas dan kelompok masyarakat pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Keempat, Mewujudkan terciptanya kehidupan bermasyarakat yang agamis, tertib, rukun dan damai dibawah payung budaya Melayu.

Sementara, Misi yang keenam, teruskan Pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, profesional dan responsif.

Diselenggarakan dengan upaya, pertama, Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas korupsi dan gratifikasi dengan mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas. Kedua, Membentuk karakter ASN yang berkualitas, memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin dan mampu melayani dengan ramah dan cepat.

“Demikianlah visi dan misi pembangunan ini kami sampaikan. Kami mohon doa, restu dan dukungan serta izinkanlah kami bersatu bersama masyarakat untuk meneruskan pembangunan untuk
mewujudkan Provinsi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu Yang Maju, Gemilang, Relijius dan Unggul dibidang Maritim,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *