oleh

Bawaslu Tanjunpinang Ajak Media Massa Sukseskan Pilgub Kepri 2020

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang mengajak media massa untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri tahun 2020 yang demokratis, berkualitas dan terintegritas. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepri akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini mengatakan, kesuksesan Pilkada ini tidak hanya ditentukan peranan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu sebagai penyelenggara.

Namun, kesuksesan dan menghasilkan Pilkada berkualitas dan demokratis ada peran dari rekan-rekan media massa baik penyiaran, televisi, radio, cetak, online dan sebagainya yang sangat strategis, trut berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif khususnya dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

“Saya pikir peran inilah yang penting dan harus kita perbuat. Memberikan informasi yang edukatif, turut mengawasi maka peran inilah yang kita diharapkan,” ujar M. Zaini, Jumat (16/10/2020) di Restoran Nelayan Tanjungpinang saat sosialisasi pengawasan Pilkada tahun 2020 bersama media massa se-Kota Tanjungpinang.

Kemudian, kesuksesan Pilkada setidaknya ditentukan oleh lima yang pertama, penyelenggara yang berintegtitas.

Bagaimana KPU dan Bawaslu serta seluruh jajarannya melaksanakan tugas secara berintegritas, pengawasan dan pelaksanaan teknis secara profrsional.

Kedua, Kontestan peserta Pilkada, Paslon dan tim kampaye mengikuti peraturan yang telah ditentukan di dalam Undang-Undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia.

Ketiga, kesuksesan Pilkada juga ditentukan oleh pemilih yang cerdas.

“Makanya kita harapkan pemilik kita adalah menjadi pemilih yang cerdas,” harapnya.

Keemapat, suasana aman, damai, nyaman, kondusif. Ini yang sangat penting karena ketika Pilkada berlangsung dalam suasana kondusif Insyallah, Pilkada akan berlangsung secara demokratis.

“Ada peran dari kita semuanya untuk menciptakan suasana Pilkada yang kondusif,” katanya.

Kelima, ketika informasi adalah informasi yang sehat, edukatif baik secara pribadi masyarakat dengan menggunakan Media sosial (Medsos) miliknya.

“Menyebarkan informasi-informasi yang memang baik, sehat dan positif. Begitu juga harapan kami kepada rekan-rekan media memberikan edukatif dan berimbang, sehingga tercipta Pilkada yang kondusif, berintegtitas dan berkualitas,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *