oleh

Ujian Nasional Ditiadakan, Ini Penjelasan Kadisdik Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Indonesia. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang peniadaan UN dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tanjungpinang, Thamrin Dahlan membenarkan hal tersebut. Menurutnya UN memang ditiadakan. Sedangkan proses penilaian akhir itu tetap dilaksanakan oleh sekolah masing-masing.

“Nah, khusus untuk Kota Tanjungpinang pihaknya akan melakukan rapat kembali untuk menyatukan pendapat. Artinya UN ditiadakan sementara Mendikbud melangsungkan asesment nasional,” katanya, Jumat (5/2/2021) di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamshah, Kantor Walikota Tanjingpinang, Senggarang.

Memang, asesment nasional ini belum atau tidak semua siswa. Asesment nasional ini sangat terbatas dengan kuota yang ditentukan oleh Kementerian.

“Belum semua, jadi kita merencanakan bahwa proses penilaian akhirnya tetap dilaksanakan dan tetap diolah oleh sekolah masing-masing dengan dikoordinir oleh Disdik,” katanya.

Menurutnya, proses penilaian akhir tetap berjalan, hanya saja UN yang tidak dilaksanakan. Artinya proses penilaian dari kelas 1-6 bagi SD dan semester I-VI bagi SMP penilaian itu menjadi proses untuk menentukan kelulusan.

“Nanti, kita baru akan menentukan kreteria kelulusan itu di jenjang SD dan SMP. Isya Allah, karena ini baru keluar jadi kita belum merapatkan bagaimana sebenarnya meyamakan persepsi terhadap ketentuan kelulusan bagi siswa SD dan SMP,” ungkapnya.

Wartawan: Amri/Abu
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *