oleh

Dikemas dengan Mendongeng, Santri Al-Kautsar Tanjungpinang Peringati Isra Mi’raj

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Kota Tanjungpinang menggelar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di GOR Pesantren Al-Kautsar, Kamis (11/3/2021).

Direktur Pesantren Al-Kautsar, KH. Muhammad Supeno dalam sambutannya mengaku sangat senang dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1442 H/2021 M yang dikemas dengan mendongeng dengan tema “Menanamkan Akhlaqul Karimah”.

Sebuah peristiwa bersejarah seperti Isra Mi’raj yang dikisahkan dengan cara mendongeng insya allah akan mampu merancang berbagai aspek jiwa anak. Mendengar cerita dongeng perkembangan anak bisa menjadi luas dan dapat memperkaya bahasa, selain itu dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

“Salah satu hikmah yang dapat kita petik pada peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah menjalankan ibadah sholat. Kisah atau cerita yang disampaikan secara menarik tidak hanya akan memikat anak-anak, tapi juga dapat menjadi sarana membentuk karakter atau akhlak anak. Inilah metode alternatif dalam mendidik yang efektif untuk menanamkan pesan-pesan moral yang bernilai edukatif kepada anak-anak,” kata Kyai Supeno.

Sementara itu, kak Aam pengkisah Perkumpulan Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Cabang Tanjungpinang sangat senang bisa berjumpa dengan para santri dan berkisah.

“Ada kepuasan tersendiri ketika bisa mendongeng bersama santri-santri dengan kisah-kisah yang baik seperti sekarang ini tentang Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, semoga bisa memberikan pelajaran dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt,” kata Kak Aam.

Sekitar 150-an santri dan ustadz/ustadzah yang hadir tampak begitu bergembira mendengarkan kisah-kisah yang disampaikan Kak Aam. Isi dari dongeng kak Aam adalah diawali dengan kisah nabi dalam Isra Mi’raj, kemudian bercerita tentang bagaimana kita dapat menjalankan ibadah sholat dengan baik sesuai dengan yang diajarkan nabi.

Kemudian disampaikan juga kisah-kisah inspiratif yang kisahnya terinspirasi dari pesan-pesan yang terdapat di dalam Al-Quran. Semua kisah dituturkan dengan penuh imajinatif, kreatif dan dialogis.

Hadir dalam peringatan Isra Mi’raj tersebut Direktur Pesantren, KH. Muhammad Supeno, para santri, sejumlah dewan guru dan ustadz/ustadzah, tampak juga masyarakat sekitar pesantren. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *