oleh

Ini Alasan Dinkes Kerja Sama dengan Kimia Farma Antigen di Perbatasan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Kimia Farma dalam penyediaan antigen di posko penyekatan perbatasa selama PPKM darurat.

Alasan Dinkes melakukan itu sangat klasik, yakni, salah satunya kurangnya tenaga kesehatan. Selain itu, Kimia Farma juga memiliki banyak titik yang menyediakan klinik.

Hal ini diungkapkan oleh Nugraheni selaku Plt Dinkes Kota Tanjungpinang. “Tidak ada alasan apa-apa, cuman kan kita kemarin hari sebelumnya Kimia Farma mempunyai banyak titik yang menyediakan klinik, jadi dia mempunyai banyak tenaga untuk melakukan itu,” ucap Nugraheni saat di konfirmasi KepriDays melalui via telpon, Kamis (22/7/2021) sore.

Jadi akhirnya, lanjut Nugraheni, pihaknya minta tolong ke Kimia Farma pas waktu rapat itu. Sebab terkendala juga tenaga puskesmas sedang ada vaksin, mangawasi pasien di masyarakat.

“Terus belum lagi melakukan Tracing, Testing dan Treatment di masyarakat dan semuanya jadinya kita cari lah faskes yang bisa memberikan pelayanan disitu, yang bisa membuka pagi sampai malam disitu akhirnya menghubungi Kimia Farma,” jelas Nugraheni.

Sementara saat ditanya ketersedia antigen di Puskesmas, Nugraheni menyebutkan hanya diperuntukan melacak kasus.

“Antigen di puskesmas untuk pelacakan kasus, bukan untuk memenuhi syarat orang melakukan perjalanan,” jelasnya.

Sedangkan terkait harga antigen yang dikeluhkan oleh masyarakat, Nugraheni menyebutkan bahwa harga sudah ditetapkan oleh Kimia Farma.

“Kalau harga itu kita kemarin diawal-awal pemeriksaan itu ada kok, ada Edaran menteri ya paling tinggi itu Rp. 250 ribu kalau ga salah. Itu kan harganya dari Kimia Farma, kita ga tau menau itu, mereka sudah bersedia membantu disitu sudah mempermudah orang-orang yang akan membutuhkan ya. Kalau ga ada dia harus balik lagi kesana nanti bentrok lagi. Bagaimana petugas kita sudah capek,” tutupnya.

Wartawan: Abu
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *