oleh

Kredivo Dukung Pemkot Batam Optimalkan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah

Batam, KepriDays.co.id – Kredivo, perusahaan kredit digital terkemuka di Indonesia, terus memperluas penetrasi pasar ke kota tier 2 dan 3, khususnya di luar Pulau Jawa.

Kali ini, Batam dipilih sebagai salah satu kota prioritas penetrasi Kredivo, seiring dengan lanskap ekonomi Batam yang terus memiliki tren positif serta pertumbuhan Kredivo yang signifikan di wilayah tersebut.

Pada 2023, nilai transaksi offline Kredivo di Batam bertumbuh hingga 5 kali lipat yoy dan jumlah transaksi bertumbuh hingga 4 kali lipat yoy dibandingkan tahun 2022.

Sedangkan untuk pertumbuhan pengguna selama 3 tahun terakhir meningkat hingga 13 kali lipat dari 2020 – 2023. Sebagai strategi untuk meningkatkan penetrasi di Batam, Kredivo akan lebih intensif mengintegrasikan layanannya dengan berbagai merchant lokal.

Langkah strategis ini juga merupakan upaya Kredivo untuk mendukung upaya Pemerintah Kota Batam dalam meningkatkan perekonomian melalui optimalisasi potensi daerah.

Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo mengungkapkan, pentingnya Batam sebagai salah satu kota prioritas penetrasi Kredivo.

“Sebagai kota industri berpengaruh dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Batam memiliki lanskap ekonomi yang terus bertumbuh pesat. Sehingga, kehadiran keuangan digital seperti Paylater diharapkan akan semakin memperkuat ekonomi Batam,” katanya.

Selanjutnya, ia mengungkapkan, saat ini keuangan digital menjadi elemen penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Lewat penetrasi yang kuat di Batam, Kredivo juga berharap dapat mendorong daya beli masyarakat serta produktivitas usaha, sejalan dengan visi pemerintah setempat untuk mewujudkan Batam Kota Baru 2029.

“Integrasi dengan merchant lokal di Batam juga akan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, terutama dengan memberdayakan potensi pelaku usaha lokal,” terangnya.

Kemudian, kata dia, tingginya pertumbuhan nilai dan jumlah transaksi offline Paylater Kredivo di Batam didorong oleh integrasi yang semakin banyak dari merchant lokal offline dengan layanan Kredivo.

Beberapa merchant tersebut, antara lain CBR Group, Dolphin Ponsel, Kiki Cellular, Ricky Ponsel, Speed 55, dan Surga Elektronik.

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat Batam untuk berbelanja offline dengan menggunakan Paylater, Kredivo memiliki target untuk terus terintegrasi dengan lebih banyak merchant lokal hingga akhir 2024.

“Integrasi ini diharapkan dapat memberikan dukungan kepada para merchant agar dapat tetap bersaing di tengah persaingan bisnis di Batam yang semakin kompleks, terlebih data Kredivo juga menunjukkan rata-rata jumlah pembelian di merchant yang telah integrasi dengan Kredivo naik lebih dari 2 kali lipat dan frekuensi transaksi pembelanjaan konsumennya naik hingga 3 kali lipat,” ujarnya.

Sedangkan sebagai platform kredit digital, Kredivo menawarkan berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan tanpa terbebani oleh masalah cashflow. Layanan tersebut berupa opsi pembayaran yang fleksibel dengan fasilitas cicilan hingga 24 bulan dengan bunga mulai dari 0% di berbagai merchant online maupun offline, hingga layanan top-up pulsa, paket data, pembayaran PLN prabayar, dan pembayaran tagihan lainnya.

Selain itu, Kredivo juga menyediakan layanan pinjaman tunai tanpa agunan dengan suku bunga yang terjangkau melalui kerja sama dengan PT Kredifazz Digital Indonesia (platform “KrediFazz”).

Sebagai platform keuangan yang berizin dan diawasi oleh OJK, Kredivo juga fokus mengedukasi masyarakat untuk mendorong penggunaan Paylater yang bijak, seperti melalui program Generasi Djempolan yang telah dilakukan kepada ratusan generasi muda di Batam.

“Praktiknya, Kredivo juga berkomitmen untuk terus menerapkan responsible lending, yaitu selektif dalam menyalurkan kredit kepada pengguna serta memberikan limit kredit secara proporsional sesuai dengan kemampuan membayar pengguna. Selain itu, kami juga terus mendorong masyarakat untuk menerapkan responsible borrowing melalui edukasi terkait hak dan kewajiban masyarakat ketika menggunakan Paylater. Berbagai upaya yang telah kami lakukan ini diharapkan mampu menciptakan ekosistem keuangan digital di Batam yang lebih kondusif dan berkelanjutan,” tutup Indina.

Sementara untuk diketahui, Kredivo mendorong percepatan penetrasi di Batam, Kredivo telah menyiapkan promo istimewa untuk pengguna Kredivo di Batam. Pengguna Kredivo berkesempatan untuk mendapatkan diskon hingga 500 ribu dan bebas cicilan selama 1 bulan untuk tenor 12 bulan ketika berbelanja di merchant yang telah terintegrasi dengan Kredivo.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *