oleh

Cara Membangun Rumah dengan Modal Irit

Dunia, KepriDays.co.id – Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Tentunya setiap orang memiliki rumah yang diidam-idamkan. Namun memiliki rumah bukanlah hal yang mudah.

Apalagi di zaman seperti sekarang ini harga properti dan tanah meningkat menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang tidak mampu untuk membangun rumah.
Namun sebenarnya memiliki rumah bukanlah impian semata saja, Anda bisa mewujudkan impian memiliki rumah meskipun dengan modal yang minim.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu untuk membangun rumah yang bagus dan berkualitas meskipun dengan modal yang irit dikutip dari Republika.

1. Membuat Perencanaan Pembangunan Rumah.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat rencana pembangunan rumah dengan matang, mulai dari biaya bahan dan pembangunan, konsep rumah, hingga target penyelesaian pembangunan. Rencana pembangunan ini akan sangat membantu untuk mengendalikan hal-hal yang bisa saja menyimpang selama pembangunan rumah berlangsung. Dengan kata lain, rencana pembangunan ini akan menghindari risiko munculnya pengeluaran biaya-biaya yang menyimpang dari yang seharusnya.

2. Menerapkan Konsep Minimalis.

Dengan dana yang minim, akan lebih baik jika Anda mempergunakan konsep rumah minimalis untuk hunian Anda. Saat ini konsep minimalis banyak digemari karena tidak membutuhkan banyak lahan dan terlihat elegan meskipun simpel. Konsep ini sangat cocok bagi anda yang membangun rumah dengan kondisi dana minim. Meksipun minimalis, namun Anda dapat mendesain agar tetap nyaman untuk dihuni.

3. Desain Rumah.

Besar dan kecilnya biaya yang akan dikeluarkan sebenarnya tergantung dari rumah yang akan dibangun. Untuk itu Anda perlu memperhatikan desain rumah dengan baik, kurangi desain rumah yang tidak terlalu banyak detail sehingga dapat mengurangi biaya pembangunan.

4. Survei Bahan Bangunan.

Jika menginginkan penghematan dalam pembangunan rumah, maka sebaiknya Anda sendirilah yang membeli bahan material bangunan. Sehingga nantinya Anda bisa menentukan bahan bangunan mana yang tepat dengan budget yang dimiliki.

Namun sebelumnya, akan lebih baik jika Anda melakukan survei terlebih dahulu. Seperti yang diketahui, bahan material merupakan faktor yang dapat membuat biaya pembangunan rumah menjadi membengkak. Untuk itu, Anda harus memikirkan dengan matang sebelum memutuskan membeli bahan bangunan.

Carilah toko atau supermarket yang menjual bahan bangunan dengan kualitas baik namun dengan harga yang miring. Bahkan manfaat promo-promo yang ada untuk membuat penghematan pengeluaran bahan material.

5. Memilih Juru Bangunan dengan Selektif.

Meskipun membangun rumah sendiri, namun tentunya anda membutuhkan jasa atau juru bangunan yang akan membangun rumah Anda. Biaya jasa pembangunan ini tentunya menjadi hal yang terbesar setelah bahan material bangunan.

Untuk itu, Anda harus memilih juru bangunan dengan seselektif mungkin. Pilih juru bangunan yang memang sudah ahli dan memiliki ulasan dan reputasi yang baik. Sehingga nantinya rumah yang ditempati tidak akan bermasalah yang dapat membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan.

6. Menggunakan Jasa Arsitek.

Sebagian orang menganggap bahwa menggunakan jasa arsitek akan menambah biaya pembangunan rumah. Namun persepsi seperti itu sebenarnya salah besar. Banyak arsitek yang bisa digunakan mulai dari yang tarif rendah hingga tinggi. Sehingga tergantung dari arsitek mana yang dipilih. Maka dari itu, pilihlah jasa arsitek yang sesuai dengan kondisi yang dimiliki.

Selain itu dengan menggunakan jasa arsitek, Anda akan terbantu banyak hal mulai dari menyusun anggaran hingga konsep yang cocok untuk Anda dan keuangan Anda. Dengan menyewa jasa arsitek, Anda bisa merundingkan dengan baik mengenai anggaran yang dimiliki dengan rumah yang diinginkan. Bahkan jasa arsitek dapat membantu anda menemukan solusi alternatif yang dapat membuat pengeluaran biaya menjadi lebih hemat.

Anda tetap dapat memiliki rumah idaman walaupun dana yang dimiliki cukup minim. Yang terpenting adalah Anda harus menyusun pembangunan anda dengan matang dan sesuaikan rumah yang dibangun dengan kondisi finansial Anda. Meskipun rumah yang dimiliki simpel, namun Anda bisa membuatnya menjadi hunian yang nyaman untuk keluarga. (TIM REDAKSI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *