oleh

135 Kader Terpilih Diberikan Bimbingan Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang memberikan bimbingan kepada 135 kader terpilih agar mampu memanfaatkan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan Teknik Akupressure dalam upaya memelihara dan meningkatkan status kesehatan, Kamis (19/4/18) di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang.

Bahkan Dinkes juga mencegah dan mengatasi masalah atau gangguan kesehatan ringan secara mandiri oleh individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

“Materi bimbingan yang diberikan meliputi Konsep Dasar Tanaman Obat Keluarga, tata laksana Pemanfaatan TOGA, contoh pembuatan ramuan TOGA dan praktek membuat ramiamo TOGA, serta cara pendaftaran Obat traditional,” kata Kepala Dinkes Tanjungpinang Rustam.

Selain itu, Rustam menjelaskan, dalam hal asuhan mandiri pemanfaatan teknik akupressure peserta dibekali pengetahuan tentang Pemanfaatan akupressure, 12 titik yang sensitive dilakukan pijatan akupressure baik secara teoria maupun praktek langsung.

“Pemanfaatan TOGA oleh masyarakat nantinya akan sangat bermanfaat untuk menghindari efek samping, pengurangan biaya Keluarga serta menghindari resistensi akibat pemakaian obat yang tidak rasional,” terang Rustam.

Sementara bimbingan tersebut diketahui mendatangkan narasumber dari petugas yang sudah terlatih secara nasional dan berasal dari Dinkes Kepri, Dinkes Tanjungpinang, Puskesmas serta Balai POM. (RNN)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *