oleh

Kapolres: Masyarakat Harus Cerdas Sebarkan Informasi

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengajak masyarakat memerangi berita hoaks. Untuk itu, masyarakat harus cerdas dan harus sadar ketika menerima informasi. Sehingga tidak langsung meneruskan informasi tersebut kepada pihak lain.

Hal tersebut harus dilakukan, mengingat menyebarkan berita bohong dapat berakibat buruk. Begitu juga dengan melakukan ujaran kebencian melalui media sosial.

“Jika kita buat dan atau kita sebarkan dapat berkonsekuensi hukum pada diri kita dan dapat menciptakan gangguan kamtibmas,” katanya, saat menjadi pembicara di stasiun RRIbTanungpinang baru-baru ini.

Menurutnya, berita bohongan atau hoaks dan ujaran kebencian juga sangat berbahaya bagi masyarakat. Bahkan juga menjadi ancaman bagi pemecah persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Untuk itu, dalam upaya mengantisipasi berita bohong, penting untuk terlebih dahulu membangun alam sadar. Dengan kondisi sadar akan lebih mudah memproteksi diri saat menerima dan mensharing berita bohong atau hoaks.

Lebih lanjut dia mengatakan, setiap menerima informasi baik secara langsung maupun melalui media sosial, harus dicerna dan didalami terlebih dahulu apakah berita tersebut benar. Jika berita tersebut benar juga harus didalami kembali apakah informasi tersebut bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain sebelum disebarkan.

“Semoga kita semua terhindar dari ancaman berita hoaks,” katanya. (*)