oleh

Akkopsi Minta Kewenangan Pengelolaan Laut Kembali Ke Kabupaten dan Kota

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Sesuai amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan sumber daya alam khususnya bidang kelautan dan perikanan berada di Provinsi dan pemerintah pusat.

Namun sangat disayangkan, permasalahan sampah menjadi tanggung jawab kabupaten /kota, sehingga ketua umum Aliansi Kabupaten /Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Muhammad Ramadhan Pomanto mengajak anggotanya bersatu padu untuk mengembalikan kewenangan tersebut kepada kabupaten/kota.

Hal tersebut disampakan Ramadhan dihadapan anggota AKKOPSI terdiri dari 482 Bupati dan Walikota se -Indonesia, yang merupakan rangkaian acara City Sanitation Summit (CSS) XVIII, dipusatkan di hotel BW Luxury, Jambi Kamis (25/10)

selama ini masalah sampah masih menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten dan kota. Apalagi sampah plastik yang banyak mengapung dilaut yang selalu jadi permasalahan. Muara sungai, muara danau yang bukan lagi menjadi kewenangan Pemerintah kabupaten/ kota, namun akibat tidak terpeliharanya sistem drainase mulai dari muara sungai, muara danau pada akhirnya akan mengotori pantai.

Ramadhan yang juga menjabat sebagai Walikota Makasar ini mengajak anggotanya untuk bersama-sama bersatu mengembalikan kewenangan tersebut ke kabupaten dan kota.

Ia juga mengatakan, keberhasilan kepala daerah bukan hanya diukur dari kemajuan kotanya saja, akan tetapi juga bagaimana cara mengelola sanitasi di daerahnya.