oleh

Syahrul Buka Forum Perangkat Daerah

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd membuka Forum Perangkat Daerah Kota Tanjungpinang Tahun 2019, bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin, (4/3).

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan bahwa proses penyusunan RKPD tahun 2020, pada hari ini telah memasuki tahap forum perangkat daerah, dari beberapa tahapan perencanaan yang telah kita laksanakan bersama.

“Forum OPD ini kita azamkan untuk menyatukan tekad, fikiran dan langkah-langkah kita untuk meningkatkan pembangunan daerah di Kota Tanjungpinang Tahun 2020,” ujar Syahrul. 

Forum OPD tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam konteks pembangunan manusia secara komprehensif.

“Pada kesempatan ini saya mengajak dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing guna mempercepat akselerasi pembangunan Kota Tanjungpinang, dan bekerja sekuat tenaga karena tantangan ke depan yang kita hadapi akan semakin berat,” tambah Syahrul. 

Menurutnya, Forum Perangkat Daerah harus bisa menjadi wadah dan media interaktif bagi stakeholder dalam menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya. Hal tetsebut sebagai sarana membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.

Pelaksanaan pembangunan yang baik, haruslah dimulai dari perencanaan yang baik pula. Oleh karena itu, dalam forum perangkat daerah ini, Syahrul minta agar ada penyelarasan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan.

Sinkronisasi hendaknya dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektivitas dan efesiensi pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah.

“Berbagai program dan kegiatan pembangunan daerah yang perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, supaya dikoordinasikan dengan Provinsi dan Kementerian atau lembaga terkait dan dibahas lebih lanjut dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan nasional mendatang,” tutup Syahrul. 

Forum Perangkat Daerah dihadiri oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si serta Asisten, Staf Ahli, Camat, Lurah dan Pejabat Eselon 2 dan 3 dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *