oleh

Empat Pesawat Tempur Bersenjata Rudal Mendarat di Hang Nadim

Batam, KepriDays.co.id – Empat unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skuadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak lengkap dengan persenjataan rudal pintar jenis Maverick milik TNI AU mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (20/3) pagi.

Empat pesawat tempur itu direncanakan melaksanakan Latihan Maverick yang merupakan simulasi operasi udara di atas wilayah Kepulauan Riau selama empat hari mulai tanggal 18 hingga 22 Maret 2019 mendatang.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen menyambutkan kedatangan empat pesawat tempur yang dipimpin oleh Komandan Skuadron Udara 1 Letkol Pnb Supriyanto.

Dalam briefing tertutup di Ruang VIP Bandara Hang Nadim, Danlanud RHF Kolonel Pnb Elistar Silaen mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat untuk mengutamakan faktor keamanan, serta memperhatikan keselamatan terbang dan kerja dalam pelaksanaan latihan tersebut.

Sedangkan Kepala Dinas Operasi Lanud Raja Haji Fisabilillah, Mayor Lek Wardoyo menjelaskan kegiatan tersebut akan dibagi dalam beberapa jenis latihan, diantaranya latihan Maverick. Latihan terbang day and night. Latihan transisi hingga terbang provisiensi. “Ada juga pengamanan patrol udara secara bersama-sama,” jelasnya

Selain latihan terbang, dalam kegiatan tersebut akan diadakan sesi Open Base/Static Show untuk masyarakat umum yang direncakan digelar pada hari Kamis, 21 Maret 2019 mulai pukul 14.30 WIB hingga 18.00 WIB.

 “Dalam momen latihan ini, kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Kepulauan Riau untuk melihat dari dekat alutsista berupa pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara,” jelasnya.

Terlihat ada 4 unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 serta Helicopter SAR Puma yang akan melakukan Fly Pass beberapa kali guna meramaikan acara tersebut.

“Setelah atraksi Fly Pass, dilanjutkan dengan Open Base/Static Show, sehingga masyarakat umum bisa melihat lebih dekat dan pesawat tempur tersebut serta berinteraksi dan berfoto dengan pesawat, pilot TNI AU maupun ground team yang terkait,” terangnya.

Wartawan : Yuli
Editor : Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *