oleh

Lima Puskesmas di Karimun dapat Suntikan Dana Pusat

Karimun, Kepridays.co.id– Sebanyak lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Karimun mendapatkan suntikan dana untuk membangun dan melengkapi sarana prasarana demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bantuan dana untuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan tersebut didapat dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alolasi Khusus (DAK) Afirmasi dan DAK Reguler tahun 2019. Saat ini, kucuran dana segar tersebut dalam tahapan lelang dan segera direalisasikan.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, lima Puskesmas di Karimun yang mendapatkan bantuan DAK Afirmasi antara lain, Puskesmas Tanjungbatu, Kundur Utara, Meral dan Buru. Sementara DAK Reguler untuk Puskesmas Durai.

“Untuk DAK Afirmasi masing- masing puskesmas mendapatkan kucuran dana sekitar Rp 9 Miliar, sementara DAK Reguler mendapatkan Rp 4 miliar,” kata Rachmadi.

Ia mengatakan, kucuran dana segar tersebut akan digunakan untuk pembangunan gedung, sarana prasarana penunjang, Kegiatan dan Fasilitas Kesehatan.

“Saat ini sudah tahap lelang dan belum kita terima. Setelah itu kita dapat nantinya akan langsung digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarananya,” katanya.

Ia mengatakan, tahun 2018 lalu dua Puskesmas di Karimun juga mendapatkan DAK Afirmasi untuk membangun gedung baru beserta fasilitas kesehatannya. Dua puskesmas itu, diantaranya Puskesmas Ungar dengan dana Rp 9,1 Miliar dan Puskesmas Meral Barat dengan pagu anggaran sebesar Rp 8,1 Miliar.

Menurutnya, dengan terus dilakukannya peningkatan fasilitas kesehatan di pulau- pulau yang tersebar di 12 Kecamatan Karimun diharapkan dapat melayani masyarakat Karimun khususnya dalam hal kesehatan.

“Ya dengan seperti ini, masyarakat di pulau- pulau sekitar tidak perlu lagi harus ke Pulau Karimun, karena di masing- masing Kecamatan sudah ada,” kata Rachmadi.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *