oleh

Tak Ada Tanggapan dari IOM, Pencari Suaka Bubarkan Diri

Tanjungpinang, Kepridays.co.id – Aksi unjuk rasa ratusan pencari suaka di Kantor Internasional Organization for Migration (IOM) Tanjungpinang, Senin (04/08/19) berakhir pukul 12.15 WIB. Mereka membubarkan diri, meski tak ada tanggapan dari IOM.

Massa dari berbagai negara seperti Australia, Kanada dan Amerika mendatangi kantor IOM Tanjungpinang meminta penempatan tinggal yang pasti. Bila tidak bisa dilanjutkan ke negara tujuan suaka mereka, mereka minta dipulangkan ke negara asal.

Seorang pencari suaka asal Sudan, Alzober Pasha mengatakan, pihaknya meminta IOM untuk segera memulangkan ke negara asalnya masing-masing.

“Kami ingin penempatan yang pasti karna kami sudah lelah dengan penantian yang tak kunjung pasti ini. Saya sudah lima tahun disini, dan ada juga rekan-rekan yang sudah tujuh tahun,” ujarnya. 

Diketahui, ratusan imigran tersebut saat ini ditempatkan di Bhadra Resort, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan. Mereka datang dan melakukan aksi unjuk rasa ke kantor IOM menggunakan transport umum (angkot). Pegawai IOM tampak menyaksikan aksi mereka dari dalam pagar. Namun tak memberikan tanggapan.

Akhirnya, ratusan pencari suaka (imigran asing) yang melakukan aksi unjuk rasa di kantor Internasional IOM Tanjungpinang tersebut membubarkan diri dengan tertib.
Pihak IOM sendiri masih belum bisa memberikan keterangan terkait tuntutan pencari suaka tersebut.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *