oleh

Hewan Kurban Masuk Tanjungpinang, Petugas Karantina Langsung Lakukan Pemeriksaan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Momen Idul Adha 1441 H semakin dekat, hewan kurban pun terus berdatangan dari luar daerah khususnya ke Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II, Raden Nur Cahyo Nugroho melalui pejabat Karantina Pertanian Tanjungpinang, Doris, Sabtu (11/7/2020).

Pada, Kamis (9/7/2020) kemarin ada sebanyak 29 ekor sapi, 377 ekor kambing dan 29 ekor domba diangkut menggunakan KM. Eka Cahaya dari Pelabuhan Kuala Tungkal dan masuk melalui pelabuhan Dompak Tanjungpinang.

“Hewan ternak itu tiba disini, kita dari Karantina Pertanian Tanjungpinang Wilker Sri Payung melakukan pemeriksaan,” ujar Doris.

Adapun pemeriksan yang dilakukan yakni kelengkapan sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11), pemeriksaan fisik dan kesesuaian jumlah dan kemudian akan diambil pengambilan sampel darah untuk uji brusellosis dengan mengunakan metode uji Rose Bengal Tes (RBT).

Pihaknya berkomitmen memberi pelayanan prima untuk sertifikasi dan jaminan kesehatan bagi lalulintas komoditas pertanian.

“Selalu laporkan komoditas pertanian yang anda lalulintaskan kepada pejabat Karantina Pertanian,” ucapnya mengimbau.

Kedepan akan terjadi peningkatan frekuensi dan jumlah pemasukan hewan ternak seiring dengan semakin dekatnya hari raya Idul Adha.

Sebelumnya, jumlah hewan kurban yang masuk ke Tanjungpinang dan Bintan sudah ada sebanyak 735 ekor sapi dan 785 ekor kambing. Total seluruhnya 1.519 ekor.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *