oleh

946 KPPS Beserta Limas se-Kepri Reaktif Covid-19, Ini Rincian Kabupaten dan Kota

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-946 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Ketertiban (PK) atau Linmas pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 se-Provinsi Kepri reaktif virus Corona atau Covid-19.

Hal itu sesuai hasil rapid test per 1 Desember 2020. “Hasil data rapid test KPPS dan Petugas Ketertiban se-Kepri yang reaktif 946 dari 21.007 orang yang di rapid test,” ujar Komisioner KPU Provinsi Kepri, Widiyono Agung Sulistiyo, Rabu (2/12/2020) malam.

Adapun jumlah yang sudah di rapid test yakni Kabupaten Bintan yang reaktif 119 dari 2.970 orang, Tanjungpinang yang reaktif 131 dari 4.136 orang, Karimun yang reaktif 71 dari 145 orang, Lingga yang reaktif 14 dari 70 orang, Natuna yang reaktif 46 dari 1.090 orang, Kepulauan Anambas yang reaktif 6 dari 219 orang, Batam yang reaktif 559 dari 12.517 orang. Sehingga total yang di rapid test 21.007 dan yang reaktif 946 orang.

Setelah penyampaian acara rapat konsolidasi yang diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri pagi hingga sore kemarin, kata Agung, ikhtiar dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri melalui Kepala Dinkes Provinsi Kepri telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Lingga, Karimun dan Natuna agar KPPS dan Petuags Ketertiban yang telah dinyatakan reaktif agar langsung ditindaklanjuti oleh gugus tugas untuk di swab.

“Selain tiga daerah tersebut langsung swab, diharapkan maksimal dua hari ada hasil agar segera diketahui hasilnya negatif atau positif. Numun, khusus untuk Batam akan di recheck dengan merk rapid lain terlebih dahulu,” katanya.

Menururutnya, apabila hasilnya negatif langsung bisa bekerja untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai KPPS dan bagaimana penggunaan Sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) untuk ketua dan satu anggota. Dan, jika hasilnya positif maka akan digantikan dengan cadangan.

“Kita tunggu hasil swabnya dulu. Mayoritas ada cadangannya,” ungkapnya.

Sebagai contoh, di Kepulauan Anambas ada 6 orang yang reaktif kemarin 2 orang langsung di swab hasilnya negatif. Sore ini dilanjutkan swab yang ke-4 orang lagi.

“Semoga semua negatif. Target kami proses rapid test dan swab 4 Desember harus selessi dan kemudian konsentrasi ke KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Roni


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *