oleh

9 Simpang Sudah Dipasang ATCS, Dishub Tanjungpinang Kembali Usulkan 4 Titik

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau (Kepri) terhitung baru memiliki 9 titik Area Trafic Control Sistem (ATCS). Semuanya dipasang di persimpangan prioritas. Oleh sebab itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang berencana akan menambah di beberapa titik lagi.

Bambang Hartanto selaku Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Tanjungpinang menyebutkan, rencana penambahan tersebut melalui APBN maupun APBD Provinsi.

“ATCS di Kota Tanjungpinang untuk saat ini ada 9 titik, ini semuanya dibiayai oleh APBN. Nanti kami berencana akan mengusulkan lagi dibeberapa titik baik itu melalui APBN, maupun APBD Provinsi,” ucapnya kepada KepriDays saat dijumpai di kantornya. Selasa (15/6/2021) siang kemarin.

Selain itu, Bambang mengatakan, 9 titik ini masih masuk aset APBN melalui Balai Pengoperasian Transportasi Darat (BPTD) Riau dan Kepri. Jadi Kepri itu masih bergabung dengan Riau dan pos anggaranya ada di Pekanbaru.

“Dan untuk itu kami mengharapkan ketika ATCS selesai itu bisa diserahkan ke kami, kita kelola sedemikian rupa dan kami minta ada penambahan di beberapa titik atau simpang yang ada di Kota Tanjungpinang ini,” jelasnya.

Banbang menyebutkan, adapun 9 titik itu diantaranya, batu 6, batu 8 kota piring, batu 8 depan pertamina, pamedan, basuki rahmat, wiratno, batu X, Bincen dan simpang Dokabu.

Bambang juga menyebutkan bahwa sejauh ini memiliki sebanyak 23 Traffic Light, namun yang terpasang ATCS hanya 9.

“Sejauh ini kita ada 23 traffic light dan yang terpasang ATCS 9,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya ATCS bisa memonitor lalu lintas dan mereview kecalakan, selain itu juga bisa mengendalikan arus lalu lintas jika terjadi kemacetan.

“Karena ATCS itu kan bisa memonitor gerakan-gerakan lalu lintas dan andai ada kecelakaan lalu lintas kita bisa mereview bagaimana kecelakaan itu terjadi, kemudian kita juga bisa mengatur durasi lampu traffic light untuk mengendalikan arus lalu lintas apabila terjadi kemacetan disatu arah,” ucapnya.

Kemudian, Bambang menjelaskan, ATCS juga bisa menghimbau pengendara untuk memakai helm atau mundur dari batas zebra cros.

“Kita sudah usulkan ke provinsi untuk menambahkan ATCS di empat titik di tahun 2022 yang penting kami dari Dishub kota sudah berusaha untuk mengusulkan begitu,” katanya.

Wartawan: Abu
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *