oleh

PKK Kepri Gelar Lokakarya Nasional  Peringati HKG PKK Ke-50

Tanjungpinang- PKK Provinsi Kepri menggelar lokakarya Nasional dengan tema “Berbakti Untuk Bangsa dan Berbagi Bersama”. Lokakarnya ini salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Nasional ke 50 yang di pusatkan di Provinsi Kepri.

Sekretaris II PKK  Pusat Rina Syahrin mengatakan lokakarya Nasional 50 gerakan PKK ini adalah menjadi momentum untuk dapat lebih meningkatkan pemahaman terhadap berbagai program dan peran PKK guna mewujudkan keluarga Indonesia yang berkarakter.

“PKK tidak lepas dari mitra pemerintah dalam menjadi fasilitator, perencana dan pelaksanaan berbagai program dalam penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” kata Rina dalam lokakarnya yang dilaksanakan di Hotel CK Tanjungpinang, Senin (7/3/2022).

Ia juga menyebutkan, dalam setiap pelaksanaan program PKK yang dijalankan bertujuan untuk mencapai visi dan misi PKK guna menjawab isu dan tantangan yang dihadapi TP PKK saat ini khususnya pandemi Covid-19.

Selanjutnya tambahnya, terdapat beberapa program PKK yang harus diterapkan di seluruh keluarga Indonesia dalam mewujudkan Keluarga Indonesia yang kuat dan berkarakter. Selain itu peningkatan pola asuh anak dan remaja didalam keluarga, meningkatkan peran aktif dalam mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan beberapa program penguatan keluarga lainnya.

“Melalui berbagai program PKK tersebut diharapkan dapat menciptakan keluarga di Indonesia khususnya di Provinsi Kepri memiliki karakter yang kuat. Agar tercipta generasi muda Indonesia yang tak hanya sehat, cerdas juga mampu menjadi pemimpin masa depan,” harapnya.

Selain itu salah satu program unggulan PKK tahun 2022 yakni ‘Gelari Pelangi’ yang mana program ini sebagai strategi mengakselerasi perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi keluarga di Indonesia secara terpadu.

Dalam galeri pelangi terdapat tiga program khusus yang dilakukan seperti gerakan gemar membaca, peningkatan kualitas pendidikan keluarga, dan penguatan ekonomi keluarga.

Selain itu ada program pangan, sandang dan perumahan yang mana program ini memberikan arti yaitu amalkan dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman.

“Untuk itu, kedepannya diharapkan para penggerak PKK khususnya di Provinsi Kepri agar terus meningkatkan SDM TP PKK sehingga berkompeten dalam menjalankan perannya melayani masyarakat,” harapnya.

Sementara Sekretaris TP PKK Provinsi Kepri Afitri Susanti menyampaikan kegiatan dalam memperingati HKG PKK tingkat Nasional ke-50 yang dipusatkan di Provinsi Kepri menjadi momentum sejarah.

“Peringatan Tahun Emas HKG PKK yang dipusatkan Kepri menjadi sejarah bagi Kepri, karena  Kepri menjadi tuan rumah nasional,” ujar Afitri.

Kegiatan PKK nasional ini akan dihadiri langsung Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian beserta pengurus TP PKK pusat lainnya. Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari yang digelar mulai hari ini.

“Hari ini kita sudah melakukan rangkaian acara mulai acara lokakarya, vaksinasi dan pembagian semabko di Pulau Penyengat yang dihadiri langaung Ketua Umum TP-PKK” jelasnya.

Sementara hari puncak pada 8 Maret akan diisi dengan acara seremonial sekaligus launching aplikasi Sistem Aplikasi Pos Pelayaan Terpadu (Siap Pandu) hasil kerja sama dengan Diskominfo Kepri, BKKBN dan Disdukcapil.

“Aplikasi ini nantinya akan mempermmudah kader posyandu, karena data akan terintegrasi secara digital se-Provinsi Kepri,” jelasnya. (Na)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *