oleh

Jadi Pembicara di Negara Turki, Ansar Ahmad Promosikan Potensi Kepri

Turki, KepriDays.co.id -Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad memenuhi undangan untuk menjadi keynote speaker di Istambul, Turki dalam rangka mempromosikan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) dalam kegiatan Capacity Development Tentang Perdagangan International dan Rantai Halal Global di Turki, Senin 17 Oktober 2022.

Saat ini Gubernur Ansar sudah berada di Turki bersama para pejabat Dewan Kawasan (DK) dan masing-masing Badan Pengusahaan (BP) KPBPB Batam, Bintan, Karimun dan Tanjungpinang.

Hal ini pun menjadi momentum bagi Gubernur Ansar dalam rangka percepatan investasi di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang.

Adapun salah satu sektor potensial yang akan dikembangkan di kawasan ini adalah produksi barang setengah jadi untuk kemudian diekspor dan masuk ke rantai pasok global. Dengan besarnya potensi sumber daya serta pasar untuk produk halal, maka pengembangan industri halal dapat menjadi opsi strategis di KPBPB. Kegiatan capacity development sendiri adalah salah satu jalan untuk memperdalam informasi serta penjajakan kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Turki dalam rangka pengembangan Industri halal di KPBPB Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang.

Kegiatan Capacity Development tentang Perdagangan Internasional dan Rantai Halal Global di Turki untuk pengembangan
Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) ini akan berlangsung hingga tanggal 23 Oktober 2022 mendatang.

Hadir dari pemerintah pusat dalam kesempatan ini Wahyu Utomo selaku Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Kartika Listriana selaku Asisten Deputi Penguatan Daya Saing Kawasan, Tulus Hutagalung selaku Asisten Deputi Perencanaan Pengembangan Kawasan Strategis Ekonomi, serta Imam Wahyudi selaku Analis Kebijakan Ahli Pertama.

“Kesempatan tidak datang dua kali. Ketika kita sedang gencar-gencarnya mempromosikan Daerah kita kepada dunia luar dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui jalur investasi, Alhamdulillah ada undangan ini. Tentu kesempatan ini harus kita tangkap cepat. Apalagi memang kita memiliki potensi yang besar yang bisa kita jual melalui berbagai kemudahan yang ada di KPBPB Batam, Bintan, Karimun dan Tanjungpinang. Masalah hasil itu belakangan, yang petting kita serius berbuat Saja dulu,” kata Ansar Ahmad, Minggu (16/10) dari Turki.

Gubernur Kepulauan Riau sebagai perpanjangan tangan Pemerintah pusat memiliki tanggungjawab penuh atas semua perkembangan daerahnya hingga ketingkat kabupaten dan kota termasuk menyangkut investasi. Adapun percepatan investasi di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang merupakan salah satu agendacprioritas yang saat ini didorong oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Dewan Kawasan.

Dalam Rencana Induk Pengembangan KPBPB Batam, Bintan, Karimun yang telah disusun, pengembangan Industri Halal menjadi salah satu rencana tindak akan dikembangkan di KPBPB yang diharapkan mampu terintegrasi dengan Global Halal Hub.

Kegiatan Capacity Development tentang Perdagangan Internasional dan Rantai Halal Global di Turki ini juga memiliki posisi strategis dalam perdagangan internasional dan menjadi salah satu dari lima negara teratas dalam peringkat Indikator Ekonomi Islam Global
secara keseluruhan (Sumber: State of the Global Islamic Economy Report, 2022).

“Yang jelas, sesuai yang tertera dalam undangan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan wawasan secara komprehensif mengenai Global Halal Hub bagi Dewan Kawasan, Badan Pengusahaan KPBPB, dan pemerintah setempat. Kegiatan ini juga menghadirkan mitra strategis di Turki seperti perwakilan Kementerian Perdangangan Turki, Standards and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC),” terang Ansar .

Ansar Ahmad yang juga sebagai Ketua Dewan Kawasan KPBPB, dalam kunjungan kerjanya ke Turki kali ini didampingi oleh Asisten 2 Pemprov Kepri Luki Zaiman, Kepala Dinas PTSP Asfarizal Handra, Kepala Dinas Perdagangan Aries Fhariandi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hasan dan Sekretaris DK KPBPB Syamsul Bahrum.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *