oleh

Puluhan Peserta Yachter Meriahkan Bintan Regatta dan Festival Jong

Bintan, KepriDays.co.id – Bintan Resorts menggelar Bintan Regatta 2024 di Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Dalam event tersebut diikuti delapan kapal yach yang terdiri dari 28 orang. Mereka semua merupakan anggota Sailing Club Singapura.

Kontes Bintan Reggata yang digelar dari 29-31 Maret 2024 ini juga menyuguhkan Festival Jong sebagai atraksi tontonan yang menarik bagi para yachter dan pengunydi Pantai Lagoi Bay.

Hadirnya Kontes Bintan Reggata ini merupakan hasil kolaborasi antara Bintan Resorts dan Changi Sailing Club. Tentunya sangat menarik minat bagi pecinta olahraga perahu layar.

Sedangkan Festival Jong itu diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bintan.

Chief Operating Officer Bintan Resorts, Abdul Wahab, mengatakan Kontens Bintan Regatta diikuti oleh delapan perahu yang terdiri dari 28 awak kapal dari berbagai negara. Mereka akan berkompetisi di Utara Pulau Bintan.

“Mereka akan tiba Jumat (29/3/2024) dari Marina ke Pelabuhan Fery Bandar Bentan Telani di Bintan Resorts,” ujar Abdul Wahab.

Adapun nama-nama perahu yang ikut berlomba antara lain Soluna, Kubilai Khan, Silhoutte, Grok This 2, Miss Visayan, Born
in Fire, Birreguera, dan Remington

Sementara, dua perahu dari manajemen Changi Sailing Club masing-masing bertugas memandu perlombaan, dan sebuah perahu lagi sebagai perahu penyelamat akan memastikan keamanan di sepanjang jalur pertandingan.

“Mereka akan bersaing dalam perlombaan epik. Dimulai dari titik kordinat yang telah ditentukan di depan perairan Hotel Kapal Doulos Phos melewati Nirwana Gardens Resorts dan Banyan Tree Resorts,” jelasnya.

Pertandingan dimulai pada pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 15.00-16.00 WIB. Perahu layar akan bersaing sengit untuk meraih posisi podium tiga teratas dalam kategori Keelboat, IRC, Keelboat PY, dan Multihull.

Setelah menyelesaikan kontes mereka mengarungi ombak dan angin, peserta akan
menikmati jamuan makan malam bertemakan Sailor’s Night di Tidal Bar, Lagoi Bay.

“Acara tersebut akan dimeriahkan dengan tarian tradisional, memperkaya pengalaman
berwisata para pelayar di Pulau Bintan. Tentunya menawarkan pengalaman
maritim yang menakjubkan bagi peserta dan pengunjung,” katanya.

Wahab berharap Bintan Regatta akan terus berkembang, dengan harapan mengundang lebih banyak peserta internasional dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan pastinya Indonesia.

“Kita harapkan negara-negara tersebut dapat berpartisipasi dalam tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Selain kontes, peserta dan pengunjung akan disuguhkan dengan tontonan Festival Jong yang diprakarsai oleh Disparbud Bintan. Ini akan menjadi tambahan tontonan yang seru dalam pesta festival maritim di hari kedua yaitu Minggu (31/3/2024) pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Dukungan penuh dari Dinas Kebudayaan
dan Pariwisata Kabupaten Bintan menambah semangat bagi pelaksanaan Bintan Regatta.

“Festival Jong yang diadakan sejalan dengan kontes Bintan Regatta ini bertujuan untuk
memperkenalkan tradisi lomba miniatur perahu layar khas masyarakat Melayu kepada pelayar internasional dan pengunjung di Bintan Resorts,” kata Kepala Disparbud Bintan Arief Sumarsono.

Arief berharap Bintan Regatta 2024 tidak hanya menjadi ajang kompetisi yang memacu adrenaline, tetapi juga menjadi panggung untuk mempromosikan keindahan maritim
dan budaya Bintan kepada dunia.

“Semoga acara ini terus memacu perkembangan pariwisata maritim di Pulau Bintan,” tutupnya.

Wartawan: Ari
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *