oleh

Masyarakat Bisa Laporkan Kinerja ASN Melalui Lapor.go.id

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Kini masyarakat Kota Tanjungpinang dapat dengan mudah mengawasi kinerja pemerintah daerah maupun instansi vertikal.

Pemerintah pusat telah memberikan solusi penagaduan atau pelaporan terhadap kinerja pemerintah yang langsung terkoneksi hingga ke pusat, melalui www.lapor.go.id.

Demikian dikatakan Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Teguh Susanto, usai pembukaan Workshop Sistim Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Nasional (SP4N), kepada pejabat eselon III, IV, yang dibuka Wakil Walikota Tanjungpinang, di Hotel Comforta, KM. 10 Tanjungpinang, Selasa (26/02) kemarin.

Ia menambahkan, Lapor adalah singkatan dari layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Layanan teresebut merupakan kebijakan pusat yaitu dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kemenpan RB, dan Ombustman, yang dapat memudahkan masyarakat berinterksi langsung ke pemerintah daerah hingga kepusat terkait pelayanan publik.

“Caranya mudah, Klik www.lapor.go.id, nanti kita daftar, dan masukkan pengaduannya,’ ungkapnya.

Ia menambahkan, sebenarnya layanan ini sudah dimulai sejak Maret 2018. Namun belum banyak masyarakat yang tahu. Sehingga untuk Kota Tanjungpinang, pada 2018 baru ada 15 laporan yang masuk.

“Kita perlu juga memberikan pembekalan dulu kepada pejabat dan operatornya, dan hari ini kita beri pembekalan untuk pejabat penghubungnya, dan operatornya bagaimana cara mengelolanya. Kalau tidak tahu cara mengelolanya, bagaimana bisa menjawab, makanya dilakukan workshop,” terang Teguh.

Setelah dilakukan workshop, barulah nanti akan dipublis di Tanjungpinang bahwa sudah ada lapor.go.id. Laporan dengan sistem ini terkoneksi sampai ke pusat.

Penanggapan terhadap laporan bisa lima hari, bisa lebih cepat, tergantung jenis pengaduannya.

“Setelah workshop nanti, langsung kita sosialisasi, mau lapor apa saja terserah, tentang pealayanan , dan lainnya,” pungkasnya. (Munsyi Untung)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *