oleh

KPU Kewalahan Rekrut Anggota KPPS

Tanjunginang, KepriDays.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang kewalahan merekrut anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Hal tersebut dikarenakan aturan tidak membolehkan anggota KPPS yang sudah dua periode untuk menjadi anggota kembali pada pemilu 2019 ini.

Namun KPU tak kehilangan ide. Mereka melakukan sosialisasi sekaligus mengajak kepada kalangan mahasiswa untuk bersedia menjadi anggota KPPS.

“Ini luar biasa, kita harus kerja keras. Bukan kekampus-kampus lagi, bahkan kita masuk kelas perkelas. Kita sosialisasi khusus pindah pilih sekaligus sosialisasi untuk menjadi anggota KPPS,” kata Komisioner KPU Tanjungpinang Yusuf, Minggu, (17/03).

Yusuf menambahkan sosialisasi hingga ke kampus tersebut adalah langkah untuk antisipasi terhadap aturan dimana anggota KPPS yang sudah dua periode tidak bisa lagi untuk menjabat tahun ini.

“Jadi kita ketuk hingga kelas perkelas,” katanya.

Dia pun menghimbau kepada dosen-dosen agar membantu memotifasi mahasiswa untuk ikut aktif menyukseskan pemilu.

“Bahkan ada dosen yang berjanji akan memberikan reward kepada mahasiswanya yang mau menjadi anggota KPPS. Kita juga berharap dosen-dosen yang lain ikut membantu memotivasi mahasiswanya,” katanya.

Yusuf menambahkan, dari kalangan masyarakat memang ada yang mau jadi anggota KPPS, tapi orangnya itu-itu saja. Mereka sudah dua periode, tentu tak bisa lagi.

“Dengan demikian anggota yang memenuhi persyaratan terpaksa harus jemput bola bekerja keras juga minta bantuan Ketua RT dan RW untuk merekrut orang baru,” ujarnya.

“Alhamdulillah dari kalangan mahasiswa ada yang mau berpartisipasi untuk menjadi anggota KPPS,” tambah Andre Yudi komisioner lainnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin, mengatakan, kendala KPU memang pada aturan yang tidak membolehkan perekrutan anggota KPPS yang sudah dua periode.

Ditambah lagi dengan pekerjaan yang sudah terbayang oleh calon, yaitu kerja dari pagi hingga esok pagi lagi, sehingga animo masyarakat untuk menjadi anggota KPPS berkurang.

“Harapannya banyak dari mahasiswa yang bersedia, sehingga diakhir perekrutan pada tanggal 27 maret, sudah terumumkan,” kata Aswin.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *