oleh

Kabupaten Karimun Miliki Dua Puskesmas Baru


Karimun, Kepridays.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq meresmikan dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Karimun, Selasa (2/4/19).

Dua Puskesmas yang diresmikan adalah Puskesmas Meral Barat, Puskesmas Ungar. Sebelum diresmikan, kedua Puskesmas tersebut sudah beroperasi sejak Bulan Mei 2018.

“Tadi (Selasa) pagi Puskesmas Ungar sudah diresmikan, dan sore ini Puskesmas Meral Barat. 2018 kemarin sudah beroperasi walaupun dalam tahap pembenahan, dan sekarang baru bisa digunakan,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq, usai peresmian Puskesmas Meral Barat, Selasa (2/4/19) sore.

Rafiq menyebutkan untuk pembangunan Puskesmas Meral Barat menghabiskan dana sebesar Rp 8,1 miliar, yang berasal dari DAK afirmasi tahun 2018 dan untuk Puskesmas Ungar menghabiskan anggaran sekitar Rp 9,1 miliar.

“Mudah-mudahan dengan adanya Puskesmas ini pelayanan kesehatan masyarakat semakin baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menjelaskan kedua Pusekesmas yang baru diresmikan tersebut hanya melayani rawat jalan bagi pasien.

“Karena di Meral Barat akses ke rumah sakit dekat maka untuk rawat inap di Puskesmas tidak diadakan. Untuk Puskesmas Ungar juga hanya rawat jalan karena akses rawat inap cukup dekat ke Tanjung Batu,” jelasnya.

Untuk sarana dan prasarana serta petugas medis di kedua Puskesmas sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Hanya saja di Puskesmas Ungar masih belum memiliki dokter gigi.

“Sarpras sudah lengkap. Jumlah tenaga medis 31 orang. Ini relatif cukup sebagaimana aturan Kemenkes nomor 75. Termasuk tiga dokter. Kalau di Ungar masih kurang dokter gigi,” ujarnya.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *