oleh

KPU Karimun Gelar Simulasi Pemungutan Suara


Karimun, KepriDays.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS dan Rekapitulasi hasil suara Pemilu dan Pilpres tahun 2019 di Kantor KPU Karimun, Poros, Kamis (4/4/19) pagi.

Dalam simulasi ini, dilakukan agar dapat mencapai kecakapan dan keselarasan hasil perhitungan suara pada pemilu 2019 yang akan berlangsung pada 17 April mendatang.

“Ini adalah gambaran sejauh mana temen-temen di KPPS dan PPS untuk bertugas nanti. Disini kita juga melihat kendala yang berkemungkinan terjadi di hari H Pencoblosan, surat suara terlalu besar misalnya,” ujar Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko usai pelaksanaan simulasi.

Menurutnya, beragam persoalan itu tidak menutup kemungkinan terjadi saat pencoblosan. Selain menambah kecakapan, simulasi ini juga dapat menambah pengetahuan penyelenggara teknis lainnya saat dalam mencari solusi saat masalah terjadi nanti.

“Namun kita melihat secara umum petugas lapangan sudah siap dan saya berharap mereka juga sudah memahami secara teknis untuk pelaksanaannya,” jelasnya.

Waktu pencoblosan, kata Eko, setiap masing-masing pemilih memerlukan waktu 2-4 menit, hal ini juga menjadi indikator yang sangat diperhatikan sehingga penyelesaian pada hari pencoblosan nanti dapat berjalan dengan tepat waktu.

“Simulasi ini kita hanya mencontohkan dua bilik suara saja. Namun hari H nantikan ada 4 bilik suara, artinya dari 300 pemilih DPT dengan 4 bilik suara itu saya pikir cukup waktunya,” kata dia.

Wartawan: Sari
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *