oleh

Reni: Saring Informasi Sebelum Sharing

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Reni Yusneli menyampaikan informasi saat ini sangat cepat beredar.

Masyarakat sangat cepat bisa mendapatkan informasi itu. Ditambah lagi berkembangnya media massa di era teknologi. Dari dalam jaringan internet informasi cepat sampai di masyarakat.

“Setiap pagi kita lihat pasti handphone dulu dan melihat berita. Kemajuan teknologi tidak bisa dipungkiri. Jadi media pun menjadi kebutuhan dasar. Kadang kita larut, makanya ketika mendapat informasi dari media saring dulu, baru kita sharing,” ujar Reni, Senin (8/4/2019) pagi di Aston Hotel Tanjungpinang.

Karena, Reni melanjutkan, bisa saja informasi yang didapatkan dari media massa tidak benar, karena peran media dalam memberikan informasi bisa menjadi dua mata belati.

“Peran media sangat penting dalam mengantisipasi dan merubah presepsi serta kontrol sosial. Apalagi tentang menekankan paham-paham radikalisme, makanya jika ada berita tidak benar sangat bisa mempengaruhi masyarakat begitu cepat,” kata Reni.

Sementara, Deputi Pencegahan BNPT RI yang diwakili Kasi Partisipasi Masyarakat Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat, Letkol. Setyo Pranowo mengharapkan, masyarakat tidak cepat terpengaruh dengan informasi-informasi yang berkembang, sehingga saring dulu sangat penting sebelum sharing.

“Apa yang kita dapat dari manapun informasi, sebaiknya sebelum di sharing di saring dulu. Supaya tidak terpapar hoaks. Kemarin BNPT juga pernah dipapar hoaks, namun cepat kami klarifikasi,” ujarnya.

Penulis: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *