oleh

240 Saksi Parpol Diberikan Pemahaman Saat Perhitungan Suara


Karimun, Kepridays.co.id– 240 orang yang menjadi saksi Partai Politik (Parpol) di Pemilu 2019 untuk wilayah Karimun diberikan pelatihan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Karimun, Rabu (10/4/19) pagi.

Dari 240 saksi tersebut terdiri dari tiga Parpol, yaitu Partai Hanura, Partai Berkarya dan Partai Golkar. Yang dibagi menjadi tiga sesi, yaitu dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, lalu pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB dan dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Untuk Partai Hanura ada 62 orang, untuk Partai Berkarya asa 16 orang dan yang paling banyak itu dari Partai Golkar sebanyak 162 orang,” kata Ketua Panwascam Karimun, Adrison.

Tujuan diberikannya pelatihan kepada saksi Parpol ini agar para saksi dapat memahami tugas yang seharusnya dilakukan, dan jika nantinya tedapat kekeliruan pada perhitungan suara,maka para saksi dapat melakukan komplen sesuai dengan aturan.

Sementara itu Kapolsek Balai Karimun, AKP Budi Hartono berpendapat bahwa pemberian pelatihan dan pemahaman bagi saksi Parpol sangat perlu dan sangat bermanfaat, agar para saksi tidak asal-asalan melakukan komplin jika ada permasalagan.

“Saksi parpol ini sangatlah penting juga utk diberikan pelatihan agar para saksi ini dapat paham dan memahami yang menjadi kewenangan dan tugas serta tanggung jawabnya di TPS,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada para saksi, jika nantinya pada saat perhitungan suara, para saksi dapat menciprakan suasana yang damai, aman dan sejuk serta tidak ada keributan yang terjadi.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *