oleh

Pemko Tanjungpinang Lima Kali Berturut-turut Raih WTP

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Pemerintah Kota Tanjungpinang selama 5 Tahun berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksanaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno, di Gedung Auditorium BPK Perwakilan Kepri, Batam, Senin (27/5).

Kembali diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Pemko Tanjungpinang yang ke-5 kalinya mulai dari 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018 hasil yang sangat memuaskan.

Artinya Pemko Tanjungpinang telah melaksanakan pengelolaan keuangan yang sudah sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku dalam amanat perundang-undangan.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara dan UU Nomor 23 tahun 2014 beserta perubahannya tentang pemerintahan daerah kabupaten/kota  se-Provinsi Kepri telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah kepada BPK untuk di audit.

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Riau, Azhar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan DPRD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, dan Bupati dan Walikota serta jajarannya atas kerjasamanya dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah TA. 2018 ini.

“Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan memberikan opini tentang pelayanan kinerja atas laporan keuangan, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksaan yang disajikan dalam laporan keuangan, opini WTP artinya bahwa laporan keuangan pemerintah daerah kota Tanjungpinang TA 2018, secara wajar atas semua hal sesuai dari akutansi pemerintah,” katanya.

Sedangkan Syahrul dalam yang mewakili Bupati dan Walikota se-Kepri mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi, dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan.

“Kami menyusun rencana aksi (action plan) dlm implementasinya kami akan banyak membutuhkan, bimbingan dan arahan dari BPK agar tindak lanjut hasil pemeriksaan tersebut sesuai dengan rekomendasi dan dapat terselesaikan tepat waktu,” ucap Syahrul.

Syahrul kembali mengucapkan terimakasih kepada BPK yang telah memberikan predikat WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018. “Semoga OPINI ini diberikan oleh BPK menjadi tolak ukur kita dalam mempertanggungjawabkan keuangan negara dengan transparan dan akuntabel sesuai dengan amanah undang-undang,” kata Syahrul.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah bekerja sesuai dengan tupoksi dan integritas tinggi sehingga Tanjungpinang kembali meraih WTP.

“Alhamdulillah, ini cukup membanggakan bagi kita karena telah 5 kali berturut-turut meraih WTP, ini bukan hanya hasil kerja Walikota saja, tetapi juga berkat kerja sama dan kerja keras jajaran OPD di Lingkungan Pemko Tanjungpinang sehingga penghargaan WTP dapat diraih kembali,” ungkap Syahrul. (*)

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *