oleh

Pemkab Karimun Dorong Pemekaran Kundur Jadi Kabupaten

Karimun, Kepridays.co.id – Rencana pemekaran Kundur menjadi Kabupaten kembali mencuat. Bahkan rencana pemekaran tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq.

“Tidak menutup kemungkinan Kundur menjadi kabupaten sendiri. Saat ini kita harus mempersiapkannya sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” kata Rafiq, Kamis (13/6) sore.

Untuk menjadikan Kundur sebagai Kabupaten tersendiri mesti didukung oleh beberapa faktor, seperti infrastruktur yang harus memadai misalnya membuka akses jalur pelayaran internasional, dari negara tetangga Malaysia dan Singapura menuju Pulau Kundur.

Saat ini Pemerintah Daerah tengah mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi persyaratan agar Pulau Kundur menjadi kabupaten tersendiri.

“Kita tengah persiapkan segala sesuatunya yang diatur dalam undang-undang, bahwa pemekaran atau pembentukan Kabupaten yang baru harus dijadikan Kabupaten persiapan terlebih dahulu, dalam jangka waktu selama tiga tahun,” tambahnya.

Untuk diketahui, Pulau Kundur saat ini masuk kedalam wilayah Kabupaten Karimun. Pulau tersebut sudah sejak lama direncanakan akan menjadi kabupaten sendiri dan terpisah dari Kabupaten Karimun, yang diwacanakan oleh Mantan Gubernur Kepri, Almarmuh Haji Muhammad Sani saat masih menjabat sebagai Bupati Karimun beberapa tahun silam.

Adik dari Muhammad Sani, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Riau yaitu Isdianto juga sempat mengatakan bahwa ia akan tetap memperjuangkan tanah kelahirannya itu menjadi Kabuputen tersendiri, seperti yang diharapkan oleh Almarhum Hm Sani itu.


Penulis : Sari
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *