oleh

Jalur Lintas Barat Bakal Full Acses Signal 4G, Diskominfo Bintan dan Kepri Kerjasama

Bintan, KepriDays.co.id -Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kepri dan Bintan bekerjasama dengan PT Telkom untuk menuntaskan masalah tidak adanya signal atau signal buta (blindspot) di beberapa area Jalur Lintas Barat, Kabupaten Bintan. Sebab ketersedian telekomunikasi menjadi hal yang sangat urgen untuk saat ini.

Kadiskominfo Bintan, Aupa Samake mengatakan sejak 2015 Pemkab Bintan telah mengajukan usulan terhadap titik-titik blankspot ke Kemkominfo RI melalui Badan Penyedia dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi Indonesia (BP3TI).

“Hasilnya ada beberapa desa di Kecamatan Tambelan yang saat ini sudah merasakan kemudahan telekomunikasi berkat beberapa Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun di sana,” ujar Aupa, Kamis (3/2/2022).

Termasuk titik blankspot di Jalur Lintas Barat yang menghubungkan Kota Tanjungpinang dan Tanjunguban juga sudah diusulkan. Signal disana akhirnya ada cuma terkadang hilang dan timbul. Sehingga pihaknya kembali berkoordinasi dengan PT. Telkom untuk bisa meningkatkan kapasitas signal.

“Kami sangat berterimakasih juga kepada Diskominfo Kepri yang juga menjadikan blindspot di Jalur Lintas Barat sebagai atensi,” jelasnya.

Sementara itu Kadiskominfo Kepri, Hasan mengaku siap mencatat segala kebutuhan dan dukungan yang diperlukan Pemkab Bintan.

“Ini permintaan dari Bapak Gubernur supaya Jalur Lintas Barat bisa full acces signal sehingga masyarakat bisa dengan mudah akses telekomunikasi dan internet dan tanpa mengalami hambatan lagi,” katanya.

Agar keinginan Gubernur Kepri itu terealisasi maka pihaknya mengundang Diskominfo Bintan dan PT. Telkom duduk bersama membahas masalah ini. Disitu akan diketahui apa saja kendalanya selama ini sekaligus mencari solusinya.

“Kini masalah signal jadi perhatian utama karena Pak Ansar ingin memberikan kecepatan layanan telekomunikasi bagi masyarakat luas,” sebutnya.

GM. Witelrikep PT. Telkom, Zaidan Jauhari menjelaskan untuk sepanjang Jalur Lintas Barat Kabupaten Bintan ketersedian jaringan signal sudah ada yaitu 2G. Bahkan selama ini jaringan 2G tidak ada kendala.

“Namun untuk signal berbasis broadbrand 4G memang masih perlu dilakukan upaya tambahan sebab kekuatan tower pemancar yang ada di sana perlu mendapatkan penambahan,” ucapnya.

PT Telkom siap mendukung semua uapya pemerintah terkait demi peningkatan telekomunikasi. Termasuk untuk penguatan atau full acses signal 4G di sepanjang Jalur Lintas Barat.

“Kami mendukung penuh full acses signal 4G di Jalur Lintas Barat,” tutupnya.

Wartawan: AVJ
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *