oleh

Pilkada 2018, Danrem 033/WP: Prajurit TNI Berpihak Akan Ditindak Tegas

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Komandan Korem 033/Wira Pratama Brigjen TNI. Gabriel Lema mengingatkan agar Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersikap netral pada saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Sebab, netralitas TNI untuk mengawal dan menjaga pelaksanaan Pilkada serentak dan Pemilu khususnya Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tanjungpinang. “TNI nantinya akan menurunkan prajurit dalam membantu pengamanan pesta demokrasi tersebut. Jika ada prajurit bersikap tidak netral, akan ditindak tegas sesuai aturan,” kata Gabriel, Jum’at (19/01/18).

Selain itu, Gabriel meminta dalam kenetralan TNI supaya jangan ada pihak proaktif mengajak prajurit TNI untuk berpihak.Gabriel menyadari dengan tingkat kemampuan dan tingkat keterbatasan, apabila ada ditemukan masalah TNI akan hadir di sana.

“Kehadiran TNI jangan sampai dianggap bahwa berpihak yang dapat melunturkan netralitas TNI. Pemantauan akan terus dilakukan, hanya kita pamahami dari jarak tertentu dengan pelaksanaan tempat-tempat tertentu akan disesuaikan dengan netralitas TNI,” ujar dia.

Sementara, Gabriel melanjutkan, kalau TNI sudah netral lahir dan batin, maka pengawalan Pilkada akan berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (YULI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *