oleh

Simak Pentingnya Kebersihan Hidung

Dunia, KepriDays.co.id – Hidung adalah organ yang penting pada tubuh manusia. Selain berfungsi sebagai alat pernafasan dan penciuman, hidung juga menjadi jalur pertahanan pertama dalam mencegah serta melawan bakteri dan racun di udara yang Anda hirup.

Dengan begitu, kebersihan hidung cukup penting untuk dilakukan setiap harinya. Jika hidung Anda kotor, akan terjadi gangguan pada pernapasan yang dapat menimbulkan penyakit. 

Sayangnya, sebagian besar masyarakat belum menyadari kepentingan mencuci hidung tiap harinya. Dokter spesialis sekaligus konsultan telinga hidung dan tenggorokan (THT), S. Hendradewi, juga menyayangkan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membersihkan hidung secara rutin.

“Kesehatan hidung penting sekali untuk dijaga karena hidung adalah organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk ke dalam paru-paru,” katanya dikutip dari Tempo.

Bila hidung terbiasa kotor, silia yang terdapat di dalam hidung akan mengalami infeksi atau kerusakan. Silia adalah semacam bulu hidung yang bentuknya lebih kecil dan terletak di bagian paling dalam hidung. Silia mengandung protein atau vitamin-vitamin yang mampu menyaring udara kotor yang masuk. 

Jika silia terinfeksi akibat hidung yang kotor, maka dapat menimbulkan masalah pernapasan yang kemudian akan mengganggu aktivitas Anda. Dampak terbesar dari masalah ini adalah menurunnya kualitas hidup Anda.

“Untuk itu dianjurkan untuk melakukan pencucian hidung dengan larutan isotonik. Anda dapat mencuci hidup minimal satu kali dalam tiap harinya,” katanya.

Mencuci hidung secara rutin dapat melunakkan dan mengalirkan lapisan lendir pada rongga hidung, sesuai yang dilaporkan dalam sebuah jurnal kedokteran dari International Journal of Environmental Research and Public Health.

Pemicu reaksi radang dan alergi akan berkurang dengan mencuci hidung. Anjuran gerakan mencuci hidung tiap hari ini, menurut Hendradewi juga sudah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Bagaimana cara mencuci hidung yang benar? “Untuk mencuci hidung kanan, miringkan kepala Anda ke kiri. Tahan napas, dan semprotkan cairan pembersih hidung di bagian kanan. Begitu sebaliknya dengan bagian kiri hidung,” kata dokter yang berpraktek di RS Dr. Moewardi Surakarta, Solo ini. 

Hendradewi mengingatkan bahwa membersihkan hidung harus menggunakan cairan khusus agar hidung tetap aman. Cairan dengan kandungan isotonik atau air laut yang telah disterilkan merupakan anjuran pembersih hidung yang aman.

Jika Anda melakukan pembersihan hidung dengan benar, lanjut Hendradewi, saat menyemprotkan cairan pembersih di bagian kanan, misalnya, cairan isotonik tersebut akan keluar dari hidung kiri Anda. (TIM REDAKSI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *