oleh

Danlanal: Perairan Karimun dan Selat Malaka Semakin Kondusif


Karimun, Kepridays.co.id – Situasi perairan Karimun, terutama Selat Malaka dan Selat Singapura sudah semakin kondusif. TNI AL sebagai benteng teritorial laut menjalankan komitmen pengamanan bersama stakeholder terkait.

Hal tersebut diungkapkan Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro saat mengunjungi serta memantau Posal Takong Iyu pada Kamis (11/4/19).

“Beberapa tahun lalu Selat Malaka ini sangat rawan perompakan. Alhamdulillah dengan berbagai upaya dan komitmen TNI AL ini yang bekerjasama dengan stakeholder terkait di kawasan ini maka angka laporan distress mengenai perompakan dan gangguan pelayaran lain bisa ditekan,” paparnya.

Adapun upaya untuk menjaga kondusifnya wilayah perairan diantaranya adalah dengan mengambil tindakan cepat apabila ada laporan dari kapal-kapal yang melintas di depan Posal Takong Iyu.

“Setiap ada laporan distress maka akan segera kita lanjuti. Saat ini Posal Takong Iyu juga ditunjuk memantau pelayaran kapal-kapal di sekitar sini.¬†Posal Takong Iyu berada di bawah jajaran lanal TBK yang mengawasi langsung laut Internasional di depannya,” jelas Catur.

Selain itu, bagusnya pengawasan juga dikarenakan setiap kapal yang melintas di perairan depan Pulau Takong Iyu selalu memberitahukan lokasi dan kondisi mereka melalui radio. Setelah mendapatkan informasi dari pihak kapal, maka petugas di Posal Takong Iyu akan melakukan pemantauan visual menggunakan teropong.

Meski demikian, Catur mengakui pihaknya masih memiliki keterbatasan dalam melakukan pengawasan, terutama di segi jumlah personel dan alusista.

“Kita memang tidak bisa seratus persen mencegah karena keterbatasan personel dan alusista. Di Posal Takong Iyu personil kita hanya enam orang yang bergantian dan dua sarana speed Bakamla V-8,” katanya.

Disebutkan Danlanal termuda se Indonesia itu, penjagaan terhadap wilayah NKRI merupakan tugas yang wajib dilaksanakan. Terlebih Takong Iyu merupakan salah satu pulau terdepan dan menjadi titik penentu NKRI.

“Di Takong Hiu kita bisa melihat Selat Malaysia dan Selat Singapura yang merupakan perairan lalulintas laut tersibuk di dunia. Ini menjadi tugas anggota TNI AL di Posal Takong Iyu untuk memantau dan memonitor kemanan navigasi dan gangguan-gangguan pelayaran,” ungkapnya.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *